Jumat, 26 Oktober 2012

Praktikum bengkel

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini...
kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai praktikum bengkel d kampus saya...
Sebelumnya, saya jelaskan sedikit..
Sudah menjadi kewajiban di kapus saya (POLINES), dmana mahasiswa teknik listrik setiap semesternya melakukan praktikum kerja bengkel, yang dilaksanakan selama 3 minggu tiap kelas..

Praktikum kali ini berjudul "Instalasi Litrik Gedung" (walaupun ga d gedung bneran)
Berjuang di papan derita berukuran 1,xx m x 1,xx m



Dan ini adalah rangkaiannya
Berikut keterangan mengenai komponen...
1. LDR, LDR ini fungsinya seperti saklar biasa, namun dapat bekerja secara otomatis dengan sensor cahaya, jika ada cahaya maka saklar inin akan off, sedangkan jika keadaan tanpa cahaya saklar ini akan ON.
2. Kotak hubung.
3. Push button, saklar tekan bekerja hanya pada saat ditekan, berbeda dengan saklar biasa yang berada pada rumah"..
4. Fitting lampu.
5. Saklar tukar, kedua saklar tukar ini dapat mengendalikan sebuah lampu (nmer 4 yang berada didekatnya).
6. Seharusnya disini terdapat saklar silang, namun karena keterbatasan alat maka admin tidak menggunakan.
7. Fitting lampu tanda.
8.Selector switch, atau saklar putar. Dapat diubah ke posisi, "auto" atau "Manual". (hal ini akan admin jelaskan lebih lanjutdilain kesempatan)
9. Saklar seri.
10. Saklar timer 24 Jam, dapat di setting untuk menyala sesuai keinginan, misal dari jam 17.00-05.00
11. Impuls switch. (hal ini akan admin jelaskan lebih lanjut dilain kesempatan)
12. Relay.
13. Box sekring, terdapat fuse yang berfungsi sebagai pengaman.

 

1 komentar:

  1. Aslm..bisa di share gambar rangkaiannya pak, biar saya ajarkan pada murid saya.. email saya : rismailm@yahoo.co.id. Moga Ilmunya berkah

    BalasHapus